JANGAN AJARI KAMI KORUPSI !

Tanpa sadar kita sebagai guru kadang mengajari siswa berprilaku korupsi. Masak iya!

Mau bukti, kita datang ke dalam kelas telat satu menit saja itu korupsi. Bukti riil yang sering kita lakukan dan sering dilihat dan diketahui oleh siswa kita. Bahkan bisa2 tiap hari kita lakukan. 

Tulisan ini bukan hendak memvonis bahwa guru itu koruptor. Bukan. Sama tidak ada maksud seperti itu. Saya juga guru. Namun tulisan ini hendak menggugah diri kita, jangan-jangan kita juga punya andil dalam menyuburkan praktik korupsi di negeri ini dengan pembelajaran tak langsung yang kita contohkan pada anak didik kita.

Guru memang tak bisa korupsi uang milyaran seperti yang dilakukan oknum pejabat di negeri ini. Namun prilaku korupsi bisa juga sama dengan mereka. Beda. Tapi sama yakni prilakunya. Apa yang dikorupsi tentunya bukan uang tapi waktu. Ya waktu mengajar kita sunat, dengan alasan yang tidak dibenarkan.  Itulah korupsi. Sepele.  Waktunya tidak lama tapi berulang - ulang dan sering lakukan. 

Kewajiban yang mesti ditunaikan sebagai kewajiban kita potong dengan terlambat masuk kelas. Kita potong waktu mengajar dengan meninggalkan kelas tampa alasan yang jelas. Dan itu disaksikan oleh siswa kita. Dan mereka tahu kalau kita sering melakukannya. Inilah saya kira yang perlu kita sadari bahwa kita memberikan pembelajaran korupsi dengan prilaku kita di sekolah secara tak langsung. Dan berdampak pada mental dan prilaku mereka saat siswa kita menjadi bagian dari masyarakat.

Memang kita akui masih banyak guru hebat dan idealis yang tak korupsi waktu jam mengajar. Namun tidak dipungkiri tidak sedikit juga guru yang korupsi waktu mengajar. Kita perlu instropeksi diri. 

Yuk kita perbaiki manajemen waktu mengajar kita. Jangan korupsi waktu dalam pembelajaran dengan datang telat, meninggalkan kelas dengan alasan yang tak dibenarkan. Karena bisa jadi prilaku kita secara tak langsung mengajari anak berprilaku korupsi. Misalnya telat masuk kelas, pulang tanpa ijin dan lain lain.

Guru hanya bisa korupsi waktu bukan yang lain. Dan jangan sampai kita mengajari untuk berprilaku korupsi kepada anak didik kita. walau hanya sekedar korupsi waktu. 

Guru garda depan untuk memberikan teladan kepada anak didik di sekolah bahwa sekecil apapun bentuk kosrupsi tetap namanya korupsi. Perlu kira hindari dan jauhi. Semoga.

Semoga kedepannya akan lebih baik  lagi.
Belajar Terus, Teruslah Belajar !

Posting Komentar untuk "JANGAN AJARI KAMI KORUPSI !"